Picture

Picture

Sabtu, 03 Mei 2014

Pengertian Multimedia dan Pembelajaran Jurusan Multimedia di SMK

Hai semuanya. Aku mau berbagi informasi tentang jurusan di SMK yaitu jurusan MULTIMEDIA. Kenapa bahas tentang jurusan tersebut ? Jawabannya ya karena saya lulusan dari jurusan Multimedia di SMKN 1 Panyingkiran, tepatnya di daerah kabupaten Majalengka. Cerita dulu ya gan.. hehe..
Awalnya ketika selesai kelulusan di SMP, aku lulusan dari SMPN 2 Majalengka. Nah bingung nih mau melanjutkan pendidikan kemana. Antara SMA / MA / SMK ??? Akhirnya kuputuskan untuk melanjutkan ke SMK. Setelah itu bingung juga nih mau ngambil jurusan apa dan di SMK mana ?? Salah awalnya sih , aku gak merencanakan dari jauh – jauh hari. Jadi keputusan yang diambil pun agak mengikuti angin tapi cenderung menurut kata hati sih. Aku ambil jurusan Multimedia. Nah pas udah lulus testing dan masuk di jurusan ini agak bingung lagi, pertanyaan besar pada waktu itu “Serius mau ambil jurusan ini ?”. Soalnya aku masih awam sama jurusan ini. Oke cukup deh ya ceritanya…

MULTIMEDIA ini berasal dari 2 kata yaitu MULTI dan MEDIA. Multi berarti banyak. Media berarti perantara. Pengertian multimedia secara utuh berarti Kombinasi atau penggabungan dari beberapa media seperti teks, audio, video, animasi, gambar yang disajikan dalam penggunaan komputer dengan bantuan tool dan link sehingga menghasilkan presentasi yang menarik.
Kategori dalam multimedia terdapat 2 macam, yaitu Multimedia Communication dan  Multimedia Content Production. Pengertian dari Multimedia Communication adalah penggunaan media yang memiliki fungsi mempublikasikan informasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah TV, Radio, Film, Game, Musik, Entertaiment, Tutorial, Internet, dan Media Cetak. Dengan adanya multimedia communication ini akan mempermudah penggua dalam menyampaikan dan mendapatkan informasi. Selanjutnya Multimedia Content Production adalah penggunaan beberapa media yang berbeda seperti Teks, Animasi, Audio, Video, gambar (grafik) yang dipadukan untuk mengasilkan produk multimedia seperti musik, game, film, entertainment, dll. Dalam kategori multimedia content production menggunakan media sebagai berikut : 
1.       Media tulisan (Teks)
2.       Media Suara (Audio)
3.       Media Video
4.       Media Gambar (Grafik)
5.       Media Animasi
6.       Media Efek Khusus (Special Effect)
7.       Media Interaktif (Interactivity)
Multimedia ini tak akan jauh dari seni dan imajinasi kita. Menurut Hofstetter (2001) Multimedia terdiri dari 5 unsur, yaitu :
1.                Teks, merupakan unsur dasar untuk meyampaikan informasi. Dalam penempatan teks pun tidak sembarangan. Harus teliti mampu menemukan kunci empatik konsumen dengan imajinasi kita. Atau biasa dipelajari dalam materi Tipografi.
2.                 Gambar (Grafik), merupakan informasi yang tidak dijelaskan dengan kata-kata. Kadangkala ketika kita di berkendara di jalan raya melihat baligo besar berisi informasi hanya dengan melihat gambar saja tanpa membaca kata-katanya kita sudah dapat menyimpulkan isi dari baligo tersebut.
3.           Audio, merupakan unsur yang bisa berupa percakapan, music atau efek suara. Multimedia tanpa audio akan terasa hambar seperti sayur tanpa garam. Hehehe … Format dasar audio ini biasanya WAVE dan MIDI.
4.                   Video, merupakan unsur yang membuat suatu informasi tampak terasa hidup dan lebih jelas. Tentu diiringi dengan audionya.
5.           Animasi, merupakan simulasi gerakan yang dihasilkan  dengan menampilkan beberapa frame ke layer.
Dalam jurusan multimedia ini kita akan mempelajari hal – hal berikut :
  1. Dasar-dasar multimedia
  2. Pengenalan dan Perakitan PC
  3. Etimologi Multimedia
  4. Fotografi  dan Teknik Pengambilan Gambar
  5. Belajar Animasi Dasar
  6. Alir Produksi Multimedia
  7. Pengelolaan Web
  8. Desain Animasi
  9. Video Shooting
  10. Audio dan Video Editing
  11. Menggambar Clean-up dan Sisip
  12. Perawatan peralatan multimedia
  13. Proposal pembuatan produk
  14. Seni Grafis dan Gambar 2D
  15. Stop Motion
  16. Efek Khusus
  17. Pembuatan Story Board
  18. Instalasi Sistem Operasi Dasar
  19. Final Project (Proyek Akhir pembuatan produk multimedia)
Pokoknya seru deh belajar multimedia itu. Apalagi jika akan melaksanakan Ujikom. Huh tegangnya minta ampun. Tapi hasilnya bikin bangga. Cukup sekian ya. Semoga bermanfaat.

183 komentar:

  1. apa pentingnya matematika untuk jurusan multimedia, khususnya materi "relasi dan fungsi" ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi matematika secara keseluruhan penting banget nggak?

      Hapus
    2. pasti penting banget lah di dunia tekhnologi kyknya yang penting itu bahasa inggris dan matematika

      Hapus
    3. Ini kan jurusan multimedia harus bisa matematika tapi kalau belajar matematika nya cuma Tau sedikit gmn?

      Hapus
    4. Matematika itu lebih untuk ngasah otak biar ga tumpul
      Makanya di setiap jurusan ada
      Biar otak "keringetan" ga terlalu santai

      Hapus
    5. Kalo bahasa perlu gak di juusan multimedia?

      Hapus
    6. penting banget, di multimedia itu ada bahasa indonesia, bahasa inggris, dan bahasa asing lainnya, jadi kita bisa bikin web/desain lainnya menggunakan bahasa itu. tambahannya, bahasa pemrogramman dan bahasa desain sangat diperlukan, agar informasi yang kita sampaikan dapat mudah dipahami oleh penerima;)

      Hapus
    7. Bisa jadi editor film gak?

      Hapus
    8. Gambaran pentingnya matematika adalah : ibarat otak adalah otot, maka kalo kita biasa fitness angkat beban, kita gak kaget kalo sewaktu2 kerja jadi kuli panggul. Kalo biasa ngerjain matematika, otak kita jadi terbiasa mikir yang rumit. Itu diperlukan untuk kehidupan kita kelak yang tentunya akan ada masalah untuk dipikirkan.

      Hapus
    9. Kalau matematikanya rendah gimana? Bisa ndak?

      Hapus
  2. Terima kasih, info nya sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih gua juga makin yakin buat masuk multimedia jadi gaa ragu2 lagi :v

      Hapus
    2. iya nih gua juga makin yakin buat masuk multimedia jadi gaa ragu2 lagi :v

      Hapus
  3. Anakku sk nulis cerita....kira2 klo masuk k smk multimedia ini cocok gak sih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan tergantung nulis cerita. masuk smk multimedia tergantung keinginan seseorang

      Hapus
    2. Aku setuju,emang harus berdasarkan minat dan niat

      Hapus
    3. Ya tergantung anaknya bu,kalau dia emang betul-betul suka nulis cerita trus paham tentang teknik dasar menggunakan komputer,ya lebih baik dimasukin ke SMK MultiMedia

      Hapus
    4. Assalamualaikum ka semoga saya lulus ujian multimedia dan diterima dan semoga bisa jadi kebanggan org tua dan bermanfaat bagi dunia dan akhirat

      Hapus
  4. Hohoho....
    aku doloe juga lulusan Jurusan Multimedia lho... -__-' #gak_penting_banget

    BalasHapus
  5. Beda nya jurusan multimedia sama animasi ap ?

    skr udh lulus kan ? trus kerja ny dmn ?

    BalasHapus
  6. kalo milih jurusan multimedia, nanti kerja nya dimana ?
    soal nya lagi bngung nih ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo lulus dari multimedia paling banyak kerja di studio foto atau atau bisa juga buat jasa sendiri pembuatan animasi dan film
      Tapi lebih banyak lulusan smk ga nyari kerja, tapi membuka peluang kerja bagi orang lain:)

      Hapus
  7. Thx kak infonya.. Aku juga mau masuk ke multimedia nihh... Aku mau nanya nih, lbh sulit belajar yg mana nih, multimedia, programmer atau rekayasa perangkat lunak yaa??

    BalasHapus
  8. prospek kerjanya gimana ka?

    BalasHapus
  9. kk mau tany. klo pertanyaan yang dikasih pas pendaftaran ke jurusan multimedia tuh ap aja? takut gagal masuk mm -,-

    BalasHapus
  10. makasih kak sangat bermanfaat , sya pengen masuk jurusan itu

    BalasHapus
  11. Makasih ya kaa infonya..aku jadi lebih paham tentang MM (Y)..

    BalasHapus
  12. Kak.. Kalo masuk jurusan multimedia nanti kerjanya ke mana?

    BalasHapus
  13. kak mau nanya nih, apakah kalau kita ambil jurusan MultiMedia bisa berpeluang seperti membuat software, games, atau system untuk PC / Laptop / Notebook ???

    BalasHapus
  14. izin copas min saya buat tugas sekolah

    BalasHapus
  15. kan saya suka gambar anime, masuk "multimedia" bisa gak? supaya bisa jdi pembuat anime?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, saya lulusan multimedia. disana nanti bakal di ajarin gambar di komputer pake keluarga adobe

      Hapus
    2. Yap bisa karena itu akan memakai adobe Photoshop

      Hapus
    3. Yap bisa karena itu akan memakai adobe Photoshop

      Hapus
    4. Aku mau tanya kalau aku bisa gambar anime tapi hanya manual blm bisa di komputer,itu gimana?

      Hapus
    5. Masuk jurusan animasi aja gan

      Hapus
  16. tentu bsa gan, lanjutkan hobi agan....

    BalasHapus
  17. Mbak Blogger Doain saya semoga lulus un dengan nilai yang memuaskan sehingga saya dapat masuk ke smk yang saya ingin kan yaitu jurusan multimedia skalian dukung hobi Thanks for The best artikel amin

    BalasHapus
  18. Mbak Blogger Doain saya semoga lulus un dengan nilai yang memuaskan sehingga saya dapat masuk ke smk yang saya ingin kan yaitu jurusan multimedia skalian dukung hobi Thanks for The best artikel amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak aku doain lulusya, sekalian mau tanya klo udah lulus apa aja si tes buat masuk ke jurusan multimedia?

      Hapus
  19. wuih... kayak menariki nih masuk smk jurusan multimedia ><
    makasih kak infonya.

    BalasHapus
  20. kak kak mau nanya. penting banget.
    kan ada test nya tuh yaa, nah buat test ini apa aja sih yang harus kita pelajari biar bisa lulus?
    btw, thanks infonya yaa kak :3

    BalasHapus
  21. Maaf kak mau tanya, kalo jurusan multimedia itu harus punya laptop gag sih btw thanks kak info nya

    BalasHapus
  22. Aji#iya harus soalnya buat Editing jga kalo aa tigas gtu

    BalasHapus
  23. Aji#iya harus soalnya buat Editing jga kalo aa tigas gtu

    BalasHapus
  24. Aji#iya harus soalnya buat Editing jga kalo aa tigas gtu

    BalasHapus
  25. Kalo aku si nyesel udah masuk SMA padahl pgen masuk MM ... skrg aku kls 10

    BalasHapus
  26. tapi kalau misalnya masuk jurusan ini, kerjanya dimana?dan sebagai apa?

    BalasHapus
  27. Di tes pertanyaannya gmn ka? Apa susah? Mengenai tentang apa? Plis bls ya 😫😥😓

    BalasHapus
  28. Di tes pertanyaannya gmn ka? Apa susah? Mengenai tentang apa? Plis bls ya 😫😥😓

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Apa bisa dari jurusan multimedia langsung jadi sutradara film?

    BalasHapus
  31. Kak , nanya dong . Maaf pertanyaannya agak nyeleneh :D .
    Pembelajaran di smk itu gimana ya ? Apakah sama dengan smp dalam artian belajar mata pelajaran seperti biasa namun ada tambahan pelajaran jurusan yang kita ambil misalkan multimedia ?
    Jurusan yang kita ambil ini pembelajarannya gimana gan ? Apakah seperti pengembangan diri ? Atau seperti halnya mata pelajaran ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti tulisan di atas, multi media, multi itu banyak.. jd banyak media yg akan dipelajari... ada beberapa pelajaran umum yg dikurangi di jurusan ini. tp tentunya bi mtk b.inggris tetep ada.

      Hapus
    2. seperti tulisan di atas, multi media, multi itu banyak.. jd banyak media yg akan dipelajari... ada beberapa pelajaran umum yg dikurangi di jurusan ini. tp tentunya bi mtk b.inggris tetep ada.

      Hapus
  32. kalo misalnya masuk ke jurusan multimedia, terus mau nglanjutin ke jenjang yang lebih tinggi bisa nggak ya? trus jurusannya apa? bantu jawab kak, please.

    BalasHapus
  33. kalo misalnya masuk ke jurusan multimedia, terus mau nglanjutin ke jenjang yang lebih tinggi bisa nggak ya? trus jurusannya apa? bantu jawab kak, please.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ambil fakultsa seni, di fakultas seni ada beberapa jurusan, yaitu desain komunikasi, lukis, interior, animasi, fotografi. pokok nya yang berkaitan dengan fakultas seni. saya sendiri bekerja sambil kuliah.. multimedia itu sangat dibutuhkan di era moderen ini

      Hapus
  34. Kak,lulusan multimedia jadi apa dan kuliah dimana yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya lulusan multimedia 2015. lulus langsung dapet kerja, jadi oprator di sebuah perusahaan agensi. untuk kuliah, bisa ambil fakultsa seni, di fakultas seni ada beberapa jurusan, yaitu desain komunikasi, lukis, interior, animasi, fotografi. pokok nya yang berkaitan dengan fakultas seni. saya sendiri bekerja sambil kuliah..

      Hapus
  35. Aku suka edit video, cocok ga ya masuk multimedia? Mohon jawabannya :)

    BalasHapus
  36. adek ku jg masuk jurusan multimedia awal nya aku ga bgtu stuju,aku lbh suka dia msk bidang artkitek

    BalasHapus
  37. klo seseorang gapunya bakat dimultimedia tapi dia ingin masuk multimedia, apa dia harus ikut kinginan dia apa apa dia ikutin sesuai bakatnya? tolong jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut aku mah mending ikutin bakat aja, biar bakatnya makin berkembang.. *:v

      Hapus
    2. Ikuti bakat lah,biar bakatnya makin lama jadi makin berkembang.. :)

      Hapus
    3. Misalnya nih ya. Aku ga bakat dlm bidang ini .Bakat ku mah nyeleneh sist dr mm .Kek nyanyi ,modeling, pokoknya yg kek gtu".tp ya namanya ortu pengen anaknya sukses .Dikira di mm kita bisa mengenal lebih luas tntang komputer ,apalgi di era modern sprti ini .Tp yg saya khawatirkan saya tidak mampu untk belajar tntng mm .gmna menurut mimin juga kalian gaes buat aku ?

      Hapus
  38. testing nya tuh kaya gimana? please jawab ya^^

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Klo SMK multimedia pas kelas 2 itu yg penting beli laptop dlu apa kamera ya ?

    BalasHapus
  41. Kak, saya suka fotografi, kalo masuk jurusan multimedia cocok nggak??

    BalasHapus
  42. infonya top bangeuuuuuuuuutttttttttt

    BalasHapus
  43. #Ask
    Gan ane udah masuk SMK nih, nah saya masuk MM, nah kalau di MM itu saya sukanya edit video sama animasi kaya anime gitu! Itu pilihannya yang mana gan?

    BalasHapus
  44. Wahh, aku anak MM.. jadi ga pengen lagi pindah ke jurusan lain ����

    BalasHapus
  45. Bermanfaat, thanks info nya. btw, kalo ambil SMK jurusan Multimedia bisa kuliah ke DKV ga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika kita masuk jurusan multimedia, apakah kita bisa terbebas Dari matematika...????

      Dan apakah kita bisa jadi jacker bila kita masuk jurusan tersebut...???

      Hapus
    2. Bisa gan,DKV kan bagian perfilman,utk sutradara gitu

      Hapus
    3. Bisa gan,DKV kan bagian perfilman,utk sutradara gitu

      Hapus
  46. infonya bermanfaat trmksh.
    saya kuliah T. Informatika sedang garap skripsi tentang Multimedia .
    ditunggu postingan selanjutnya. :)

    BalasHapus
  47. ka. kalo aku suka fotografi tapi aku gapunya kamera, apa boleh di smk nya?

    BalasHapus
  48. Makasih kak infonya sya jg sngat tertarik buat milih jurusan multimedia!!

    BalasHapus
  49. Hallo kami sedang mencari beberapa anak SMK jurusan Multi media untuk magang ditempat kami yg bergerak di bidang toko online dan beberapa channel youtube channel edukasi, channel memasak, channel fashion & kecantikan.

    Kriteria yg dibutuhkan :
    Pelajar SMK Jurusan Multimedia & Tata Boga

    >> Jurusan Multimedia :
    - Menguasai photoshoot, video shooting, video editing, photoshop.
    - Menguasai pembuatan website
    - Menguasai pembuatan artikel serta optimasi.
    - Menguasai Social Media Optimasi ( terutama Instagram, Twitter, facebook, youtube ).( jurusan multimedia )
    - Memiliki Laptop

    Jurusan Tata Boga ;
    - Menguasai dan mencintai dunia tata boga / kuliner
    - Bisa membuat resep baru dan menganalisa resep masakan
    - Bisa membuat rancangan biaya usaha / bisnis kuliner
    - Update dengan informasi seputar kuliner

    Lama magang : 3 bulan, peralatan shooting & Fotografi disediakan.

    Kompensasi : Disediakan kompensasi diakhir magang sesuai dengan hasil kreatifitas.

    Hubungi :
    Andriani
    idemasak.club
    WA : 087889677396 untuk informasi lebih lanjut


    BalasHapus
  50. Kak mau tanya, kalo jurusan multimedia yang fotografer itu gimana? Terus apa nanti kalo ke masuk multimedia yang fotografer itu kuliahnya di DKV ya?

    BalasHapus
  51. Kak mau tanya, kalo jurusan multimedia yang fotografer itu gimana? Terus apa nanti kalo ke masuk multimedia yang fotografer itu kuliahnya di DKV ya?

    BalasHapus
  52. Haha mmd tu jurusan pilihan saya , tapi bagi yg belum masuk mmd saya sarankan jangan masuk kesana karna untuk pekerjaan warbiazah sulit didapatnya mending ambil tkj, kebanyakan teman saya anak mmd nganggur dan yg kerja cuma di pencetakan walau kami sekolah di smk rujukan se sumbar , mmdtu cuma main2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itukan memang kamu yg gak usaha Nyari kerja

      Hapus
    2. Itukan memang kamu yg gak usaha Nyari kerja

      Hapus
    3. Alhamdulilah saya sekarang jadi editor film di antv itu juga berkat tekat dan bakat

      Hapus
  53. kalau jurusan multimedia kerjanya yag enak sob saya masuk di jurusan multimedia sangat eak pekerjaanya kelak ya kalau sekolah ya memag sulit kalau kelak sudah lulus kelar idup luu sob wkwk

    BalasHapus
  54. Ka, kalo belum tahu cara mengedit memakai photoshop, apakah nanti akan diajarkan dasarnya cara mengedit memakai photoshop?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat diYoutube ajh dek,kalau kyak gitu doang mah..:v

      Hapus
  55. M Gumilar* Di ajarin dari Nol kok tenang ajah...!! Dulu waktu saya kls 10 saya ga tau apa2 tentang photoshop.. dan akhirnya setelah saya kelas 12 masih gangerti juga(canda) Ngerti kok dikit2 :p
    Saya lebih menguasai CorelDraw dibanding PS tapi gpp tuh lulus2 ajah gamasalah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh oke terimakasih banyak kak buat infonya...

      Hapus
  56. Kak mau tanyyaaa nih ...kbetulan aku skrg kelas 3 smp bentar lagi naek ke smk..nah di smk aku mau ambil jurusan multimedia ,,, trs klo multimedia belii kamerannya ajaaa udh ckup apaaa sama laptop ya???
    Nanya lgii jurusan multimedia sama akutansi enak manaaa???
    Jawab kakk :) mkasiiii

    BalasHapus
  57. kalo masuk mm ga perlu mahir dulu software2 kayak photoshop, corel, bikin animasi gitu kan? hehe

    BalasHapus
  58. kak nanti test jurusan ditest apa saja?

    BalasHapus
  59. Apakah kita butuh kamera atau laptop?


    #Balas

    BalasHapus
  60. Apakah kita butuh kamera atau laptop?


    #Balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nmb Runner kamera dan laptop ya memang perlu

      Hapus
    2. Nmb Runner kamera dan laptop ya memang perlu

      Hapus
    3. Trus kalau yang punyanya cuma laptop tapi tidak mempunyai kamera bagaimana?? Boleh tidak??

      Hapus
  61. Apakah kita butuh kamera atau laptop?


    #Balas

    BalasHapus
  62. Kalau suka fotografi atau videografi bisa masukmultimedia gak ya? ato ada yang lain?

    BalasHapus
  63. apa di multimedia kita harus punya kamera ??
    mohon jwbannya..

    BalasHapus
  64. apa di multimedia kita harus punya kamera ??
    mohon jwbannya..

    BalasHapus
  65. Yosh😄 mantab aku suka gambar nih hehehe

    BalasHapus
  66. Yosh😄 mantab aku suka gambar nih hehehe

    BalasHapus
  67. bagus kak blognya, saya juga dari majalengka, tepatnya smkn 1 majalengka. dan smpnya juga sama saya juga smpn 2 majalengka :v

    BalasHapus
  68. Tes nya apa aja ya kalo mau masum jurusan Multimedia?

    BalasHapus
  69. Kalau masalah kerja itu udah ada yang ngatur.. Lo yg penting sekolah aja yg pinter banyak2 doa.. Siapa yng nyangka kalau kita jadi orang yg bejo. Optimis.jangan menyerah.berpasrah diri.

    BalasHapus
  70. Kak kalo mau masuk jurusan multimedia harus jago MTK sama IPA ya?

    BalasHapus
  71. Kak kalo mau masuk jurusan multimedia harus jago MTK sama IPA ya?

    BalasHapus
  72. kalo dari multimedia bisa jd photographer ya?

    BalasHapus
  73. Alat Yang HARUS Punya Di Jurusan Mm Apa??

    BalasHapus
  74. Belajar kamera,video,audio kelas brp kak?

    BalasHapus
  75. Wih..gue juga mau lulus smp nih,mau ke smk negeri 1 indramayu ngambil kejuruan multimedia ah😄

    BalasHapus
  76. Kalo kita gatau apa apa soal multimedia sama sekali, kita bakalan diajarkan sampai bisakan?

    BalasHapus
  77. Saya membutuhkan lulusan SMK MMD tenaga ahli bidang multimedia.

    Pekerjaan di Yogyakarta.
    Ada MES.
    Jika ada yg minat
    Kerja ditempat saya kirimkan CV di nomor Whatsapp 087838165679
    Terimakasih ya admin.

    BalasHapus
  78. Cita cita gw kan mau jadi artis, nah gw bentar lagi mau lulus nih, kira kira masuk jurusan multimedia cocok gak sama cita cita gw yg mau jadi artis? Please respondnya. Tq

    BalasHapus
  79. Cita cita q mau jadi polwan kira" bisa nhak jurusan multimedia masuk polwan

    BalasHapus
  80. Cita cita q mau jadi polwan kira" bisa nhak jurusan multimedia masuk polwan

    BalasHapus
  81. Saya ingin bertanya,apakah di jurusan inj kita diajarakan tentang sistem² dalam komputer seperti teknisi dan programmer mungkin. Bantu jawab ya.

    BalasHapus
  82. Apakah Jika Ingin Masuk Jurusan Multimedia. Ada terkaitan Dengan Matematika?.
    Soalnya saya bingung. Mau masum jurusan apa :(

    BalasHapus
  83. Min lulusan MM apa bisa kerja di tv. susah gk sih kerja di tv itu

    BalasHapus
  84. Min.. Kalo jurusan multimedia ada kaitannya dengan matematika,dan fisika gak???...


    #balas
    #plizzz

    BalasHapus
  85. Kak misalkan aku mau masuk MM tapi belum mengerti gimana ya? Belajar dari mana?

    BalasHapus
  86. Syarat masuk mm harus punya apa?

    BalasHapus
  87. Tolong dijelaskan perbedaan antara multi media dan dkv dong

    BalasHapus
  88. Kak mau tanya. Sy gk terlalu bisa ttg teknologi. Tpi sy ingin msuk mm agar pengetahuan ttg IPTEK sy luas. Apakah untuk kedepannya tdk menganggu?? Sy takut ketinggalan banyak sm yg lain. Sarannya ya kak. Penting

    BalasHapus
  89. Di zaman sekarang ini teknologi tentang multimedia sangat di butuhkan bahkan ketika anak saya memilih ingin masuk smk jurusan saya mendukung sepenuhnya

    BalasHapus
  90. Di multimedia ini, kira² pelajaran coding itu wajib atau gk sih?? Soalnya gw mau jadi developer game

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau dev game masuknya di rpl aja situ semunya membahas tentang bhasa coding dan pembuatan gane,kaka!

      Hapus
  91. Kak kalo mau masuk multimedia memang harus pinter gunain laptop ya?

    BalasHapus
  92. ya harus pandai komputer

    BalasHapus
  93. Mau tanya nih,lebih baik masuk jurusan smk multimedia/grafika/animasi niih
    Aku binggung banget mau masuk di jurusan yang apa
    Mohon masukan dan sarannya

    BalasHapus
  94. Kepengen masuk ke jurusan multimedia maunya nyari di bilang fotografi,tpi ragu soalnya ada yg bilang 'multimedia itu cuma buat bidang teknologi aja' ada nggk sih jurusan multimedia di bidang fotografi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya sih,fotografi juga msuknya k multimedia..multimedia mencakup bnyak hal

      Hapus
  95. Pekerjaan apa yaa yg bisa smbil kuliah sewaktu lulus dari jurusan SMK ini?

    BalasHapus
  96. Kak, klo aku kan suka menggambar/desain² gitu nih,, kira² cocok gx klo aku ambil jurusan Multimedia? , dan klo d jurusan Multimedia bidang gambar² gitu kira² setelah lulus SMK, bisa kerja apa ya? Dan klo ngelanjuttin kuliah nanti d jurusan apa?

    BalasHapus
  97. Kak, mau tanya, 'kan saya suka gambar2 gitu dan gambarnya bukan cuma secara tradisional doang, tapi juga secara digital. sekarang saya kelas 9 SMP mau lulus dan udah menguasai seenggaknya 50% Paint Tool SAI.Kira-kira cocok gak ya masuk jurusan Multimedia? Terus kalo misalnya masuk jurusan MM itu kita belajarnya sesuai paket pembelajaran yang dipilih atau belajar semua paket pembelajaran di jurusan itu? tolong dijawab ya kak, trima kasih.

    BalasHapus
  98. Saran dong masuk jurusan Multimedia atau Teknik Gambar Bangunan(Arsitek)? Soalnya saya minat kedua jurusannya, tapi saya nggak punya laptop dan kamera

    #Ask #Saran

    BalasHapus
  99. Kalo mau masuk multimedia nggak pinter nge gambar gimana?

    BalasHapus
  100. Susah gak sih kak klo masuk SMK jurusan multimedia?

    BalasHapus
  101. Saya gak terlalu bisa matematika,bisa gk kira kira masuk multimedia,saya salah satu orang yang gak terlalu suka pelajaran matematika

    BalasHapus
  102. kalo jurusan multimedia itu banyak soal matematikanya ga si?

    BalasHapus
  103. Makasih atas pemberitahuannya jadi sekarang gak ragu lagi untuk masuk smk tehnik MM(multi media),tapi saya mau nanya kalo selesai smk nya itu masuk kerja ap ya

    BalasHapus
  104. Wah aku juga mau masuk ke smk panyingkiran jurusan mm semoga keterima:>

    BalasHapus
  105. Kak, aku mau nanya, apa bedanya Jurusan IT sama multimedia? Plis kak jawab ya, aku bingung antara dua itu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalu IT lebih fokus ke perakitan komputer sama jaringan.. Kalau multimedia lebih ke seni grafis, kaya editing video, photo dll

      Hapus
  106. Ingin bertanya kak...
    Setelah lulus smk dan ingin melanjutkan sekolah (kuliah) apabila kita ingin mengambil fotografi apa yang harus kita ambil dalam matakuliah tersebut? Fotografi ? Atau multimedia? Dan apakah ada multimedia dalam matakuliah? Dan apakah sama fotografi dan multimedia tersebut? Yang selama ini saya baca fotografi hanya lebih memproritaskan tentang tangkapan gambar, tetapi multimedia ini ada yang di pelajari selain tangkapan gambar seperti HTTML / WEB, DESAIN, dan sebagainya.
    Mohon jawab ya kak

    BalasHapus
  107. Anak saya suka ngedit gambar dan Vidio dia juga ingin memperdalamnya tapi bingung masuk jurusan yang mana antara rpl sama multimedia? Kira2 lebih cocok kemana ya?

    BalasHapus
  108. Kak aku pwn masuk jurusan multimedia tapi.... Kata kk aku klu mm cari kerja y susah

    BalasHapus
  109. Kalo suka editing video/photo ambil jrusan yg mana ya?

    BalasHapus
  110. halo kak mau nanya
    kalo jurusan multimedia hal yang paling sulit itu apa ya?
    terimahkasih

    BalasHapus
  111. Sekolah multimedia bisa jadi gamer gk?

    BalasHapus
  112. Bisa jadi animator gak sih masuk multimedia?

    BalasHapus
  113. kalo masuk mulmed pas kuliah bisa ngambil fsrd ga?

    BalasHapus
  114. Bro mau tanya mm belajar software DAW ngak?

    BalasHapus
  115. Kak emng klo masuk multimedia harus di tes dlu?

    BalasHapus